A fine WordPress.com site

ISLAM DIANTARA AGAMA LAIN

Dan orang-orang yang kafir itu amal-amal  mereka adalah laksana fatamorgana ditanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang  yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapati sesuatu apapun…….

 (Q.S. An-Nuur : 39)

SEBELUM KITA MENGETAHUI PANDANGAN AGAMA LAIN TERHADAP ISLAM, MAUPUN BAGAIMANA ISLAM DIANTARA AGAMA LAIN TENTU KITA HARUS TAHU TERLEBIH DAHULU TAHU MENGENAI  AGAMA DI DUNIA INI

AGAMA-AGAMA DI DUNIA.

Ada beberapa Agama yang berdasarkan Monoteisme (Agama Samawy) yaitu :

Agama yang berasal dari wahyu Allah melalui Rasul-rasulnya, untuk disampaikan kepada umat masing-masing dan ada juga beberapa agama yang lahir dari ide-ide manusia sendiri (agama Thabi’i) seperti politeisme yang meyakini adanya banyak tuhan atau dewa, dengan menyembah berhala-berhala buatan mereka sendiri.

  1. A.       AGAMA TSHABI’I.
  2. 1.     Hinduisme.

Percaya adanya ratusan dewa dengan kekuasaan dan patung masing-masing terutama 3 dewa yang utama (trimurti) : Brahma, Wisnu dan Syiwa.

  1. 2.     Zoroastrianisme.

Lahir 7 abad SM yang mempercayai Ahura Mazda sebagai Tuhan dimana pengikutnya memuja Api.

  1. 3.    Budhisme.

Lahir 6 abad SM, pengikut-pengikutnya  memuja Budha Gautama dengan ajarannya :

Budha, Dharma, Sangkha. 

  1. 4.    Taoisme.

Lahir 3 abad SM oleh Lao Tse, sebagai Tuhan dalam sistem keagamaan bangsa Cina.

  1. 5.    Konfusianisme.

Lahir pada 551 tahun SM, diajarkan oleh Confusius dengan kepercayaan kepada leluhur/nenek moyang bangsa Cina.

  1. 6.    Shintoisme.

Diperkenalkan sebagai agama nasional bangsa Jepang tahun 1868 yang memuja kepada alam dan dewa-dewa serta pahlawan-pahlawan mereka.

  1. 7.    Shikisme.

Diajarkan di India oleh Guru Nanak yakni campuran paham-paham Hinduisme dan Muslim namun sangat menyimpang dari ajaran Islam. Kepercayaan ini serupa dengan aliran Kebatinan di negara kita Indonesia.

 

 

 

  1. B.        AGAMA SAMAWY.
  2. 1.    Yudaisme (Yahudi).

Yang dibawa oleh Nabi Musa AS untuk Bani Israel atau Yahudi semula bertauhid suci namun kemudian menyembah Sapi Emas.

  1. 2.    Kristen.

Melalui Nabi Isa AS sebagai kelanjutan/penggenap ajaran-ajaran  Nabi Musa AS buat Bani Israel, namun kini menyimpang kepada ajaran Trinitas yang diajarkan oleh Paulus yang semuanya berdasarkan Mithos dari kaum pagau/Yunani yakni zaman Sebelum Masehi (SM) antara lain :

  1. Trinitas orang-orang  India : Okteu, Nesse, Atahuta.
  2. Trinitas penganut Hindu : Brahma, Wisnu, Syiwa.
  3. Di Mesir Kuno : Isis, Hories, Orisis.
  4. Orang-orang Yunani : Phanes, Uranos, Kronos.
  5. Orang-orang Romawi : Yupiter, Menerva, Juno.

 

  1. 3.    ISLAM

Penerus dan penutup agama-agama  Allah, berdasarkan Tauhid suci (Monotheisme absolut) oleh Nabi Muhammad SAW.

Adapun Atheisme dan kepercayaan Animisme tidak bisa dianggap sebagai agama karena tidak memiliki ajaran-ajaran  pokok ketuhanan.

Atheisme adalah kepercayaan orang bahwa Tuhan itu tidak ada, bahwa dirinya dan seisi alam ini hanya terjadi dengan sendirinya saja.

Sedangkan Animisme adalah kepercayaan kepada suatu daya kekuatan hidup atau kekuasaan yang keramat dan tidak berpribadi, yang dapat dianggap halus ataupun berjasad (benda bernyawa/punya roh).

DAN KINI SAYA AKAN COBA MENELAAH ATAU MEMBANDINGKAN AGAMA ISLAM DAN AGAMA LAIN SEPERTIHALNYA PANDANGAN AGAMA LAIN TERHADAP ISLAM SERTA POSISI ISLAM DIANTARA AGAMA-AGAMA DIDUNIA

Agama Samawi ada 3, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Saya akan coba membandingkan ketiga agama ini dengan memakai referensi dari Al Qur’an, Alkitab, dan juga beberapa ensiklopedi yang ada.

Ketiga agama ini mempunyai beberapa kesamaan seperti percaya Adam adalah manusia pertama dan nenek moyang seluruh manusia, Ibrahim adalah seorang Nabi, dan kitab suci Taurat sebagai wahyu Allah. Meski demikian ada juga perbedaan yang beberapa di antaranya sangat mendasar.

Yahudi adalah agama tribal/kesukuan yang hanya bisa dianut oleh bangsa Yahudi. Agama ini tidak bisa disebarkan ke luar dari suku Yahudi. Oleh karena itu jumlahnya tidak berkembang. Hanya sekitar 14 juta pemeluknya di seluruh dunia. Sementara agama Kristen dan Islam karena disebarkan ke seluruh manusia dipeluk oleh milyaran pengikutnya.

Islam adalah agama yang terakhir diantara sekalian agama besar di dunia yang semuanya merupakan kekuatan raksasa yang menggerakan revolusi dunia dan mengubah nasib sekalian bangsa , agama yang melingkupi segala-galanya dan mencakup sekalian agama yang datang sebelumnya.

 

Posisi Islam terhadap agama-agama yang datang sebelumnya:

  1. Islam menyuruh para pemeluknya agar beriman dan mempercayai bahwa sekalian agama besar didunia yang datang sebelumnya diturunkan dan diwahyukan oleh allah, beriman kepada para nabi dan kitab suci dari semua bangsa dan agama islam mencakup segala agama didunia dengan kitab sucinya alquran yang merupakan gabungan dari semua kitab suci didunia ( kitab taurat, zabur dan injil yang murni )

Di dalam Alquran dijumpai ayat-ayat yang menyuruh umat islam mengakui agama-agama yang diturunkan sebelumnya sebagai bagian dari rukun iman, misalnya suruh albaqarah ayat 4

والذين يؤمنون بما أنزل اليك وما أنزل من قبلك

“ Dan orang-orang yang beriman kepada apa yang diturunkan kepada engkau dan apa yang diturunkan sebelum engkau “

  1. Islam adalah agama yang terakhir dan merupakan pernyataan kehendak ilahi yang sempurna. Di dalam Alquran disebutkan

 

اليوم أكملت لكم دينكم و أتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الاسﻻم دينا

“ Pada hari ini Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan Aku lengkapkan nikmat-Ku kepadamu, dan Aku meridhoi islam sebagai agamamu

  1. Agama islam memiliki tugas yang besar yaitu:
  2. Dengan datangnya islam, agama memperoleh arti yang baru dan didalamnya terdapat unsur pembaruan. Dalam hal ini paling kurang ada 2 hal:
  3. Posisisi agama islam terhadap agama-agama lain dapat dilihat dari dua sifat yang dimiliki ajaran islam, yaitu akomodatif dan persuasif.
  1. Mendatangkan perdamaian dunia dengan membentuk persaudaraan diantara sekalian agama di dunia
  2. Menghimpun segala kebenaran yang termuat dalam agama yang telah ada sebelumnya
  3. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang diperbuat oleh para penganut agama sebelumnya yang kemudian dimasukan kedalam agamanya itu
  4. Mengajarkan kebenaran abadi yang sebelumnya tidak pernah diajarkan
  5. Memenuhi segala kebutuhan moral dan rohani bagi umat manusia yang selalu bergerak maju.
  1. Agama islam harus diperlakukan sebagai sebuah ilmu, dimantapkan dengan menyajikan ajaran agama sebagai landasan perbuatan bagi perkembangan manusia menuju tingkat kehidupan yang lebih tinggi lagi.
  2. Ruang lingkup agama islam mencakup kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.

NAH LANGSUNG SAJA OKE KAWAN INI KESIMPULAN SEDERHANANYA

 

Posisi Islam diantara agama-agama lain tampak bersifat adil, obyektif dan proporsional. Dengan sifatnya yang adil, ajaran Islam mengakui peran yang dimainkan agama-agama yang pernah ada didunia. Dengan sifatnya yang obyektif, Islam memperbaiki dan meluruskan ajaran-ajaran agama yang salah dan tersesat. Dengan bersifat proporsional, Islam memberikan perhatian terhadap ajaran agama yang tidak seimbang. Islam adalah agama yang terbuka, mau berkompromi dan berdialog dengan agama lain. Dengan sifatnya yang demikian ini, Islam telah tampil sebagai penyempurna, korektor, pembenar dan sekaligus sebagai pembaru.

Setiap ajaran agama-agama tersebut memiliki perbedaan yang berkaitan dengan keyakinan (teologis) dan ritualistik, yakni peribadatan. Terhadap hal ini masing-masing agama dianjurkan untuk saling menghargai dan menghormati.

Islam adalah agama perdamaian, jauh dari sikap bermusuhan dan bukan agama kaum teroris. Terjadinya pertentangan antara satu agama dengan agama lain sebagaimana terlihat dalam sejarah, sama sekali bukan disebabkan karena faktor agama, melainkan karena faktor-faktor lain yang mengatasnamakan agama. Hal seperti ini harus segera dicegah dan dikembalikan kedalam situasi yang merperlihatkan keharmonisan hubungan antara agama-agama yang ada didunia.

 

Editing By IMAM AGUSTI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s